10 Alasan Pentingnya Membuat Website Untuk Bisnis Anda



Alasan Pentingnya Membuat Website Untuk Usaha Anda

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya suatu usaha memiliki website.


1. Menonjolkan Personal Branding dan Brand Awareness

Website bisa digunakan sebagai sarana personal branding, khususnya bagi kamu yang ingin membuat website portofolio. Melalui website portfolio ini, kamu bisa menampilkan produk ataupun Jasa yang kamu berikan, karya, testimoni klien dan seterusnya untuk membuat kamu terlihat profesional dan terpercaya, sehingga akan menarik minat klien lain untuk menggunakan jasa kamu.


Selain itu, website juga memungkinkan brand yang kamu promosikan lebih mudah sampai ke telinga target pasar, baik itu untuk produk yang berbentuk barang maupun jasa. Di zaman digital ini, semua orang mendapatkan kebutuhan mereka dengan mencarinya di internet. Bisa jadi langkah pertama mereka adalah dengan browsing kebutuhan tersebut di Google. Jika website yang kamu miliki bisa dioptimasi dengan tepat dengan memaksimalkan SEO, target pasar tersebut akan dengan mudah menemukan bisnis kamu.


2. Meningkatkan Penjualan

Website juga bisa menjadi langkah yang efektif untuk mendongkrak penjualan usaha kamu. Semakin banyak pengguna internet yang melihat produk atau jasa yang kamu tawarkan di website, semakin besar juga peluang terjadinya transaksi dan penjualan, sehingga bisa mendatangkan lebih banyak profit.


3. Membuat Bisnis Terlihat Kredibel

Website juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis kamu di mata masyarakat dan target pasar pada khususnya, sehingga mereka lebih mudah percaya terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Jika mereka sudah menaruh kepercayaan kepada bisnis kamu, maka mereka tidak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian.


Cukup dengan melihat profil perusahaan dari website, customer dapat melihat sendiri seperti apa gambaran usaha yang kamu miliki. Semakin bagus dan menarik tampilan website, orang yang melihatnya juga akan lebih percaya dengan bisnis yang kamu jalankan.


Saat ini, telah banyak kemudahan yang ditawarkan dalam membuat website, karena tidak mengharuskan kamu untuk menjadi seorang web developer yang berpengalaman terlebih dahulu. Meskipun demikian, kamu tetap butuh domain dan hosting profesional dan terpercaya, dan lebih menguntungkan lagi kalau bisa mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.


4. Memudahkan Pencarian Informasi mengenai produk atau jasa usaha tersebut

Sebuah website dapat dengan mudah diakses sewaktu-waktu oleh banyak kalangan karena perkembangan internet yang sudah semakin lebih baik.


Selain itu, memiliki website dianggap lebih memudahkan karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun, sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi yang mereka butuhkan mengenai produk atau jasa yang kamu miliki bahkan saat kantor usaha sedang tutup.


Seseorang dapat dengan mudah mengakses internet baik melalui PC, laptop, smartphone, atau tablet tanpa perlu mendatangi kantor secara langsung.


Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, website kamu dapat memberikan informasi yang selalu up-to-date, asalkan kamu atau orang yang kamu pekerjakan untuk mengelolanya selalu rajin memberikan update.


5. Menghemat Uang, Waktu dan Pengeluaran

Memiliki website dapat menghemat waktu dan anggaran yang usaha kamu daripada menyebarkan informasi dengan cara konvensional seperti melalui telepon, janji untuk suatu pertemuan, dan brosur atau selebaran. Menghubungi pelanggan satu per satu melalui telepon tentu dapat menghabiskan waktu tersendiri, begitu pula dengan janji untuk bertemu dan penyebaran brosur.


Pembuatan brosur akan menghabiskan anggaran yang cukup banyak dan dinilai kurang efektif untuk era yang sudah modern ini. Dengan menggunakan website, pelaku bisnis dapat memasukkan berbagai macam informasi yang biasanya diperlukan pelanggan mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.


Sebagai pemilik usaha kecil, kamu mungkin berpikir bahwa kamu belum mampu membuat sebuah website yang profesional. Tetapi, coba pikirkan kembali dan bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar. Ketika kamu bisa melihat pasar potensial yang bisa kamu raih dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnismu.


Meskipun biaya membangun website itu bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya membutuhkan biaya maintenance sekitar Rp500.000 per bulan, bahkan mungkin kurang dari itu, dan akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan menjadi biaya per tahun.


6. Selalu terhubung dengan pelanggan kapanpun

Informasi mengenai produk dan layanan di situs kamu bisa lebih mudah dan cepat untuk diperbarui ketimbang yang dibuat dalam bentuk cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk terhubung dengan pelanggan sekaligus menginfokan kepada pelanggan kamu tentang kedatangan produk baru, agenda atau event mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang kamu sediakan.

Website juga bisa meningkatkan pelayanan pada pelanggan, misalkan dengan memberikan tips khusus bagi mereka. Contohnya jika kamu menjual produk ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang cara mendaur ulang.


Dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelangganmu, hal tersebut dapat membuat mereka selalu up-to-date.


7. Menjangkau Target Pasar yang lebih luas

Dalam menjual produk berupa barang maupun jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya.


Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web e-Commerce atau toko online adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan produk kamu ke pasar yang lebih luas, karena produk kamu bisa diakses dan dilihat secara global.


Karena website dapat dengan mudah diakses dari manapun dan kapanpun, hal ini membuat kamu sebagai pelaku bisnis diuntungkan. Bisnis yang kamu jalankan tidak hanya dapat dilihat oleh pengguna internet di Indonesia saja, namun juga di seluruh dunia, hanya dengan melihat profil perusahaan melalui website yang kamu miliki, tentu saja dengan menggunakan konten berbahasa Inggris, sehingga secara internasional bisa dipahami.


8. Menjadi sarana katalog produk / Jasa

Website bisa diakses oleh kamu sendiri sebagai pelaku usaha, dan oleh pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.


Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa kamu ketika toko atau kantor offline ditutup.


Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan sebelum membeli.


Memberikan informasi produk kepada pelanggan pun pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email.


Namun hanya dengan katalog online, kamu dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa kamu. Website bisa diakses oleh para pelanggan kamu tanpa batas, dan sangat menghemat waktu.


Apapun jenis usaha yang kamu jalankan, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan katalog produk kamu.


Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimoni tentang usaha kamu, kamu dapat menunjukkan kepada pelanggan mengenai hal yang membuat produk ataupun usaha kamu unik dibandingkan yang lain.


9. Memudahkan dalam mencari dan dipertemukan dengan mitra usaha

Suatu usaha yang terkadang membutuhkan partner untuk bekerja sama. Biasanya, informasi kemitraan atau kerjasama ini bisa dicari melalui internet.


Dengan mempublikasikan perusahaan kamu lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi bisnis kamu.


Dari sana, mungkin saja kamu bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan. Dengan demikian, calon mitra dapat datang dengan sendirinya tanpa repot-repot mencari. Kamu pun akan lebih berpeluang untuk ditemukan oleh bisnis lain yang akan tertarik untuk mengajakmu bekerjasama.


10. Memudahkan dalam mendapatkan Feedback

Jika kamu ingin usahamu maju, tentunya feedback atau masukan dari konsumen menjadi suatu hal yang penting.


Percuma membuat produk yang bagus jika tidak ada konsumen yang berminat. Dengan demikian, banyak pebisnis berlomba-lomba mengumpulkan feedback dari konsumen untuk memperbaiki produk/jasanya.


Nah, website bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk meminta feedback dari konsumen di mana saja dengan mudah. Misalnya dengan meminta pendapat mereka setiap memasuki website kamu.








Developed by. Plasawebsite







 
Butuh bantuan ? WA Ajah!